Langsung ke konten utama

Seputar interview kerja

Interview kerja merupakan salah satu tahapan penting dalam proses recruitment karyawan baru.  
Buat job seeker yang akan mengikuti interview kerja, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu:

1. Pahami profil perusahaan yang di lamar. Informasi ini bisa didapatkan dari website perusahaan.

2. Latihan wawancara dalam bahasa inggris. Kadang multinational company mewajibkan pelamar untuk bisa berbahasa inggris dengan fasih. Kita bisa sharing dengan orang yang sudah berpengalaman di dunia kerja untuk mengajari kita menjawab pertanyaan dengan baik.

3. Pelajari juga tentang job desk posisi yang akan dilamar. Kita harus tahu gambaran pekerjaan secara umum sehingga dapat disesuaikan dengan skill yang kita miliki.

4. Siap kapanpun di minta untuk wawancara. Ketika kita sudah apply kerja, minimal satu hari sekali harus cek email karena terkadang panggilan interview kerja itu mendadak.

5. Jaga kesehatan, penampilan saat wawancara harus rapi, good looking, jaga kontak mata, senyum dan jabat tangan interviewer.

6. Percaya diri boleh tapi jangan terlalu berlebihan. Jawablah semua pertanyaan dengan jujur dan hindari perdebatan dengan interviewer sehingga tidak menimbulkan kesan yang kurang baik.

7. Gunakanlah kesempatan bertanya kepada interviewer di akhir sesi interview. Hal ini menandakan bahwa kita mempunyai ketertarikan yang lebih terhadap perusahaan.

8. Jangan telat. Datanglah 30 menit lebih awal sebelum interview dimulai.

9. Semua hal yang sudah tertulis di curriculum vitae harus dapat dipertanggungjawabkan. Jadi, bawalah berkas yang sekiranya berhubungan dengan CV misalnya sertifikat dan kita juga harus bisa menjelaskan hal - hal yang tercantum di CV secara detail.

10. Jika ada pertanyaan yang kita belum tahu jawabannya, tetap tenang dan jangan panik. Berpikirlah sejenak, jangan sampai memberikan jawaban yang kurang sesuai karena akan menimbulkan pertanyaan baru.

11. Jangan lupa perbanyak doa dan mintalah doa kepada orang tua.

Interview yang pernah saya lakukan ada 2 macam yaitu interview HRD dan user. Perbedaannya yaitu interview HRD lebih menggali diri kita secara pribadi sedangkan interview user lebih ke teknis pekerjaan di lapangan.

Berikut merupakan beberapa pertanyaan interview HRD untuk fresh graduate,
- Jelaskan profil diri
- Pengalaman internship
- Training dan sertifikasi yang pernah diikuti
- Prestasi yang pernah di raih
- Kontribusi di organisasi
- Konflik organisasi yang paling besar
- Kelebihan dan kekurangan (cara mengatasi kekurangan)
- Mengapa tertarik melamar di perusahaan ini
- Apply melalui apa
- Bagaimana jika ditempatkan di luar jawa
- dll (aku lupa hehehe)

Sekian yang bisa saya share. Semoga bermanfaat:)
Selamat memasuki dunia kerja ya guys!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2019

Halo, selamat pagi. Sesuai permintaan dari teman - teman di instagram, aku akan sharing mengenai beasiswa unggulan Kemendikbud. Tenaaang, rileks, baca dengan santai yaaa, karena penjelasannya mungkin agak panjang hehe. Disclaimer : semua yang aku tulis disini based on my experience  yaa, jadi mungkin ceritanya berbeda dengan para awardee yang lainnya. Yang pertama alasanku mengapa memilih untuk daftar beasiswa unggulan diantara banyaknya beasiswa S2 yang lainnya seperti beasiswa LPDP, beasiswa tanoto, dll. Jadi, ini adalah pengalamanku daftar beasiswa yang pertama untuk kuliah S2. Sebelum mendaftar beasiswa, aku sudah menjalani proses perkuliahan semester 1 di Universitas Brawijaya jurusan Pengelolaan Sumberdaya Lingkungan dan Pembangunan (PSLP) atau biasanya disebut Ilmu Lingkungan. Nah, pada saat awal masuk perkuliahan, beasiswa unggulan baru buka pendaftaran. Baru terbesit dipikiranku untuk mencoba beasiswa ini, setelah itu aku baca - baca persyaratan di web beasiswa un

Belajar Ikhlas

Selamat malam, diriku. Malam ini aku akan bercerita dan berkeluh kesah kepadamu. Semoga tulisan ini akan menghilangkan semua kesedihan dan mengajariku untuk menerima segala konsekuensi keputusan dengan ikhlas. Teruntuk diriku, terima kasih untuk selalu bekerja keras selama 23 tahun ini. Apa yang kamu harapkan dan kamu rencanakan selama ini memang berjalan lancar. Sesuai keinginan dan tidak ada kendala yang berarti. Aku tahu ketika kamu mempunyai keinginan pasti akan berusaha diwujudkan. Kamu memilih untuk lebih baik mencoba dan gagal daripada tidak mencoba sama sekali. Aku tahu hasil yang selalu baik tidak menjadi jaminanmu. Yang jelas kamu sudah bisa menuruti segala ambisi dalam pikiranmu. Semangatmu dan niatmu untuk memperoleh sesuatu itu memang luar biasa. Mengalahkan rasa malas dalam dirimu, menjadikan keinginan itu prioritas nomor satu. Kadang sampai lupa terhadap waktu istirahatmu. Yang ada hanya ingin mengerjakan dengan totalitas dan maksimal. Kamu

Dua Puluh Tiga

Tepat 23 tahun lalu, aku dilahirkan ke bumi. Dengan segala rasa syukur aku masih bisa merasakan nikmat dariMu, hingga detik ini. Perjalananku masih sangat singkat. Dan kontribusiku untuk negara belum banyak. Tapi aku ingin terus belajar dan bermanfaat untuk banyak orang. Aku mencoba memahami kehidupan. Hubungan timbal balik dengan lingkungan. Semua akan saling terkait dan mempengaruhi. Tinggal bagaimana kita menempatkan diri. Aku mendapat banyak ucapan, doa, dan kejutan. Yang paling spesial tentu dari orang tua, teman hidup, dan para sahabat. Terima kasih ya, sudah membuatku bahagia. Semoga doa baik kembali ke kalian juga. Terima kasih banyak sudah banyak mensupport apa yang ku lakukan. Dan menjadi gerbang terdepan saat aku ingin berhenti dan balik kanan. Tidak banyak harapan dan to do list yang aku tulis. Aku akan menjalani kehidupan seperti air yang mengalir, Namun bukan hanya mengalir tenang, Sesekali mungkin akan menampakkan derasnya, Agar segera sampai ke tujua